Senin, April 13, 2015

8 Cara Ampuh Mengatasi Insomnia

Setelah beberapa jam yang lalu saya mencoba untuk tidur, namun hingga saat saya menulis artikel ini, saya belum juga tertidur, Akhirnya saya iseng-iseng pencarian di Google "Apa itu Insomnia?" nah dari hasil pencarian itu saya dapatkan seperti di bawah ini yang saya kutp langsung dari Wikipedia

Insomnia adalah kelainan atau gangguan atau kesulitan saat ingin tidur. Selain itu insomnia juga kelainan berupa kesulitan untukmempertahankan tidur. Insomnia sendri bisa disebabkan oleh gangguan psikologis seseorang, selain itu ada juga beberapa faktor dari luar yang bisa membuat seseorang menderita insomnia.

Nah di atas adalah kutipan dari wikipedia, jadi apa insomnia itu dalam definisi anda? yang saya pahami secara sederhana insomnia adalah "Susah Tidur" hehe, lanjut.
Beberapa penderita insomnia bergantung kepada obat penidurnya agar ia bisa terlelap, namun mengkonsumsi obat tidur secara terus menerus akan menyebabkan sugesti jika mereka tidak bisa tidur tanpa obat tidur tersebut dan menyebabkan ketergantungan.

Insomnia juga memiliki tingkatan berdasarkan keparahannya yaitu:
  1. Insomnia akut insomnia ini umumnya berlangsung dalam waktu yang tidak terlalu lama atau hanya berlangsung dalam beberapa hari atau beberapa minggu.
  2. Insomnia kronis yaitu insomnia yang berlangsung dalam waktu yang lama atau bisa lebih dari 1 bulan.
8 Cara Ampuh Mengatasi Insomnia
8 Cara Ampuh Mengatasi Insomnia


Jadi sahabat, bagaimana cara mengatasi Insomnia? Berikut 10 Cara jitu mengatasi Insomnia

1. Hindari Cahaya Saat Tidur
Cahaya sangat mempengaruhi proses produksi dari hormon melatonin. Cahaya yang terang akan menghambat proses produksinya, dan tidak adanya cahaya akan mendorong proses produksinya.

2. Hindari Untuk Terus Melihat Ke Arah Jam Anda
Bila Anda terus-terusan melirik ke arah jam saat larut malam, tidur Anda akan tersiksa. Anda akan terus menerus merasa khawatir dengan sisa waktu tidur sebelum hari sibuk Anda yang lain dimulai. Dalam hal ini saya sebagai mahasiswa pastinya tiada lain yang difikirkan besok masuk pagi. Jika Anda salah satu dari orang tersebut, maka Anda harus menempatkan jam di dalam laci, bawah tempat tidur, atau putar ke arah yang bertentangan dengan jarak pandang Anda.

3. Hindari Kafein (Kopi)
Kopi di pagi hari bagus untuk sebagian orang. Namun saat menjelang waktu tidur, Anda perlu menghindari untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein. Kurangi juga dalam mengonsumsi coklat, cola, teh ataupun kopi tanpa kafein sekalipun. Nah hal inilah yang mungkin menimbulkan susah tidur untu saya, kenapa karena saya adalah Peminum Kopi sejati hehe, jadi apakah anda harus mengorbangkan hobi anda meminum kopi? tenang, Tidak perlu, yang perlu anda hindari adalah "Jangan minum kopi 9 jam sebelum tidur"

4. Atur Jadwal Tidur
Aturlah agar jadwal pergi dan bangun tidur Anda sama di setiap harinya, termasuk juga akhir pekan. Rutinitas ini akan membuat tubuh dan otak Anda tetap pada siklus bangun dan pergi tidur yang sehat. Pada waktunya, Anda akan dapat jatuh tertidur dengan nyenyak sepanjang malam.

5. Olahraga Teratur
Olahraga teratur telah terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur, selama Anda melakukannya tidak terlalu dekat dengan waktu tidur. Energo yang Anda dapatkan setelah olahraga dapat membuat Anda tetap terjaga. Beri jarak antara Anda selesai berolahraga dengan waktu tidur antara 3-4 jam. Tips ini adalah tips yang paling ampuh (Pengalaman)

6. Menetralisir Suara
Tetesan keran, anjing menggonggong, suara kendaraan akan menghilangkan sebagian besar waktu tidur Anda.

7. Relaksasikan Pikiran Anda Sebelum Tidur
Redakan emosi dan juga pikiran Anda sekitar satu jam sebelum tidur. Bacalah sesuatu yang ringan, mendengarkan musik, atau mandi air hangat untuk menenangkan pikiran Anda.
Tips: Ritual ini juga dapat dilakukan 10 menit sebelum tidur ketika waktu tidur Anda semakin sempit.

8. Gunakan Bantal Untuk Meringankan Nyeri Punggung
Nyeri punggung ringan mungkin tidak akan membangunkan tidur, tetapi akan sangat mengganggu tidur nyenyak Anda. Solusi yang mudah adalah dengan meletakkan sebuah bantal kecil di antara kedua kaki Anda saat tidur menyamping, gunanya untuk menyejajarkan pinggul dan mengurangi nyeri di bagian punggung.
Tips: Saat tidur telentang, letakkan bantal kecil di bawah kedua lutut Anda untuk mengurangi nyeri punggung saat malam hari.

Nah itulah 8 Tips mengatasi Insomnia secara efektif, namun apabila sahabat sekalian masih tetap insomnia setelah melakukan hal-hal diatas, jalan satu-satunya memakai 1 Jurus terlarang menghabisi Insomnia, hehe apa itu?


  1. Komsumsi Obat Tidur Sesuai Resep Dokter
    Anda mungkin akan tergoda untuk menggunakan obat tidur ketika rasa kantuk Anda belum juga datang di tengah malam, tapi hati-hatilah dalam menggunakannya. Obat tidur dapat membuat Anda kecanduan dan memiliki efek samping yang mengganggu. Idealnya, obat tidur digunakan dalam jangka waktu yang pendek, bukan untuk menjadi gaya hidup sehari-hari.
Masih belum bisa tidur setelah mengkomsumsi Obat Tidur?
Jika masih, nih dia solusi paling Ampuh dan Sangat ampuh "Senjata Pamungkas Pemusna Insomnia"

  • Segera Konsultasi ke Dokter
Ketika tingkat keparahan insomnia Anda masih tergolong rendah, maka Anda masih bisa mengatasinya dengan 8 tips-tips tersebut serta 1 Jurus terlarang di atas. Tetapi jika selama sebulan insomnia Anda masih saja tidak kunjung sembuh, sudah saatnya untuk memeriksakan diri Anda dan mengetahui apa yang terjadi pada tubuh Anda. Insomnia bisa jadi hanyalah sebuah gejala terhadap suatu penyakit yang lebih serius. Insomnia yang kronik perlu adanya evaluasi dari dokter setempat.

Nah itu dia 8 Cara mengatasi Insomnia, 1 Jurus terlarang memusnakan Insomnia dan Senjata Pamungkas Pemusna Insomnia, Semoga bermanfaat, oh iya jika bermanfaat silahkan di share dengan cara klik Navigasi dibawah yang bertuliskan "Bagikan Artikel Ini"

Komentar Anda di rwblog.id adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon