Sabtu, Juni 27, 2015

Mengenal Bagian-bagian Photoshop

Dalam kesempatan kali ini saya akan memaparkan dasar-dasar photoshop, dimana tugaski kita saat ini adalah mengenal bagia-bagian dari adobe photoshop, photoshop yang saya gunakan disini adalah photoshop CS 3 namun untuk photoshop lainnya saya rasa hampis sama dengan penjelasan berikut, ok langsung saja.
Pertama coba sahabat perhatikan gambar di bawah ini, gambar ini menunjukan bagian-bagian dari photohop yang telah saya beri garis warna merah.

Mengenal bagian-bagian photohsop detail dan lengkap
  1. Menu Bar
    Berisi opsi-opsi menu untuk pengelolaan aplikasi dan pengelolaan foto seperti menu-menu efek, save,open dll
  2. Opsi Bar
    Berisi opsi-opsi dari tools yang ada di toolbox. Ikon-ikon dalam barisan ini akan berubah sesuai tool yang Anda pilih. Setiap opsi pasti terkait langsung dengan tool sehingga opsi ini bersifat dinamis.
  3. Toolbox
    Barisan tools yang dimanfaatkan untuk mengelolah foto atau gambar, mulai dari tool menyeleksi gambar, menggambar, kuas, hingga memperbesar tampilan gambar.
  4. Area Kerja
    Kanvas foto yang menampilkan olahan foto sehingga terlihat hasilnya meski telah tersusun dari sejumlah layer.
  5. Kotak Warna
    Kotak warna ini terbagi dua warna yaitu foreground color (hitam) dan background color (putih).
  6. Panel Pendukung Tool Utama
    Jendela-jendela kecil berisi tools pendukung tool utama di toolbox, misalnya panel warna (color), panel histogram, dan sebagainya.
  7. Jajaran Panel
    Jajaran ikon panel ini sebagai panel tambahan selain dari panel standar.
  8. Layer
    Panel berisi layer (lapisan-lapisan gambar) yang menyusun menjadi tampilan foto. Penggunaan layers akan memudahkan Anda dalam memanipulasi sebuah foto.
  9. Tombol Tab Antar lembar kerja
    Tombol ini biasa digunakan ketika kita ingin menyatukan dua gambar berbeda, tombol ini berguna sebagai minimize, restore down dan close layaknya jika kita membuka aplikasi dalam mode window

Ok untuk membahas lebih terperinci bagian-bagian photoshop di atas, insya allah saya akan update.

Komentar Anda di rwblog.id adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon