Senin, Juni 08, 2015

Mengenal Sistem Saluran Kemih

Korpuskulum Renal

Sistem saluran kemih terdiri dari dua ginjal yang berbentuk menyerupai kacang yang melekat pada dinding abdomen posterior, satu pada setiap sisi kolumma vertebralis. Masing-masing ginjal mengosongkan isinya ke dalam masing-masing ureter yang mengalirkan urin ke kandung kemih tunggal untuk penyempanan. Kandung kemih mengosong isinya ke dalam uretra tunggal.

  1. Ginjal
    Fungsi utama ginjal adalah mempertahankan keseimbangan ion dan kandungan air dalam darah (osmoregulasi), dan oleh sebab itu pada seluruh cairan tubuh lainnya. Ginjal melakukan hal tersebut dengan cara:
    • Filtrasi Darah
    • Ekskresi Produk sisa Metabolisme
    • Reabsorpsi molekul kecil (glukosa, asam amino, peptide), ion, air.
  2. Nefron
    Nefron terdiri atas korpuskulum renal dan tubulus renal. Tubulus renal terbagi menjadi tubulus konstortus proksimal, ansa Henle, dan tubulus kontortus distal

Tubulus Renal

Saat ultrafiltrat meninggalkan korpuskulum renal, ultrafiltrat bergerak keluar ruang Bowman dan melalui tubulus renal (yang bergerak ke bawah keluar dari korteks, menuju ke medulla, dan kemudian kembali ke korteks)
Mengenal Sistem Saluran Kemih
Sumber Gambar : sibbolon.blogspot.com

  1. Tubulus Kontortus Proksimal
    Tubulus Kontortus Proksimal merupakan bagian terpanjang tubulus renal dan hanya ditemukan dalam korteks renal.
  2. Ansa Henle
    Struktur ini terutama ditemukan dalam medulla renalis. Ansa Henle memiliki beberapa bagian (atau segmen): segmen desenden tebal (pars rekta, atau tubulus proksimal lurus)
  3. Tubulus Kontortus Distal
    Tubulus Kontortus Distal merupakan segmen pendek akhir (5 mm) dari nefron dan ditemukan dalam konteks renalis.
  4. Tubulus Koligens
    Cairan dari DCT dikeluarkan ke tubulus koligens (di dalam medula) yang bukan merupakan bagian nefron.

Ureter, Uretra, dan Kandung Kemih


  1. Ureter
    Ureter merupakan selang berdinding otot yang panjang dan lurus, dilapisi oleh makosa pelindung yang terdiri dari epitel transisional berlapis dengan lamina propria fibroelastis yang tebal di bawahnya.
  2. Uretra
    Uretra mengalirkan urin dari kandung kemih ke bagian luar tubuh. Uretra memiliki struktur yang serupa dengan ureter meskipun lebih pendek.
  3. Kandung Kemih
    Kandung Kemih memiliki tiga lapis otot polos, dan epitel transisional. Lebih sulit untuk membuka ketiga lapisan karena kandung kemih lebih menyurupai saku, bukan selang.

2 komentar

terima kasih gan atas informasinya
salam kenal blog-aiizahh.blogspot.com :)

Komentar Anda di rwblog.id adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon