Selasa, September 22, 2015

Apa itu kepribadian? Definisi kepribadian

apa sih kepribadian itu? tentunya sebelum menggunakan kata kepribadian atau mengaplikasikannya dalam kehidupan setidaknya kita punya pandanga tentang apa itu kepribadian ataupun definisi kepribadian.
 
apa itu kepribadian
 
Kepribadian memiliki banyak arti karena perbedaan sudut pandang para ahli yang didasarkan dari hasil penelitian, cara pengukuran maupun teori yang dikemukakan. Demikian juga tentang definisi kepribadian belum ada kesepakatan dari para ahli. Menurut Calvin S. Hall dan Gardner Lindzey (2000) bahwa Allport (1937) dalam penelitiannya menemukan hampir 50 definisi kepribadian yang saling berbeda dan digolongkan ke beberapa kategori. Beberapa batasan pengertian atau definisi kepribadian dapat dikemukakan menurut:
  • Koswara (1997) dalam pengertian sehari-hari. Kepribadian adalah “bagaimana individu menampilkan dan menimbulkan kesan bagi individu lain”
  • Allport (1937) sebagaiman dikutip oleh Gunarso.S.D dan Ny Gunarsa.S.D (1989). Kepribadian adalah “suatu organisasi yang dinamis dari sistem-sistem psikofisis di dalam individu yang menentukan penyesuaian yang khas terhadap lingkungannya”
  • Maramis (1999) kepribadian adalah “keseluruhan pola pikiran, perasaan, dan perilaku yang sering digunakan oleh seorang dalam usaha adaptasi yang terus-menerus terhadap hidupnya”
  • Freud yang dikutip oleh Koswara (1991). Kepribadian adalah “suatu struktur yang terdiri dari tiga sistem, yakni id, ego, dan superego”
  • Kusumanto Setyonegoro kepribadian adalah “segal corak kebiasaan manusia yang terhimpun dalam dirinya, yang digunakan untuk bereaksi dan menyesuaikan terhadap segala rangsang, baik yang datang dari dalm dirinya maupun lingkungannya sehingga corak dan cara kebiasaannya itu merupakan suatu kesatuan fungsional yang khas untuk manusia itu”
  • Soeharto Heerdjan (1987) kepribadian adalah “himpunan segala fungsi kejiwaan seseorang sebagai suatu kesatuan dinamis dengan mengusahakan penyesuaian diri orang tadi terhadap tuntutan hidup sambil menjaga keseimbangan diri, baik secara fisik maupun psikis”
  • Calvin S. Hall dan Gardner Lindzey (2000) kepribadian adalah “sesuatu yang member tata tertib dan keharmonisan terhadap segala macam tingkah laku berbeda-beda yang dilakukan individu”
Jadi, kepribadian mengikuti meliputi segala corak tingkah laku individu yang terhimpun dalam dirinya, yang digunakan untuk bereaksi dan menyesuaikan diri terhadap segala rangsang, baik yang datang dari luar dirinya atau lingkungannya maupun dari dalam diri sendiri sehingga corak tingkah lakunya itu merupakan satu kesatuan fungsional yang khas bagi individu itu. Dengan kata lain segala tingkah laku individu adalah manifestasi dari kepribadian yang dimiliknya sebagai perpaduan yang timbul dari dalam diri dan lingkungannya.
Pandangan pribadi penulis tentang apa itu Kepribadian, secara filosofis kepribadian adalah karya anda, anda adalah pribadi dan kepribadian adalah sesuatu yang membuat pribadi anda eksis.





Komentar Anda di rwblog.id adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon