Senin, November 23, 2015

Psikologi Komunikasi - klasifikasi kelompok dalam Komunikasi

Telah dijelaskan di artikel sebelumnya dalam kategori Ilmu Komunikasi bahwa tidak semua kumpulan orang adalah kelompok. Berikut ini beberapa klasifikasi kelompok yang dirumuskan oleh beberapa para ahli:

Kelompok Primer dan Kelompok Sekunder

Kelompok primer mengikat anggota-anggotanya secara emosional seperti keluarga dan hubungan saudara. Sementara kelompok sekunder tidak mengikat anggota kelompoknya secara emosional, atau dengan kata lain tidak menyentuh hati para anggotanya. Kualitas komunikasi pada kelompok primer bersifat mendalam dan meluas, karena banyak informasi yang dapat dibagi dalam kelompok ini, dan sifatnya hampir tak terbatas. Dapat dikatakan bahwa sifat komunikasi dalam kelompok ini adalah personal. Sementara dalam kelompok sekunder, informasi yang dibagi sifatnya terbatas, sesuai kebutuhan masing-masing anggotanya atau kebutuhan hubungan antar anggota dalam kelompok tersebut. Berikut ini secara rinci perbedaan kelompok prmer dan kelompok sekunder dari karakteristik komunikasinya adalah sebagai berikut :

  1. Kualitas komunikasi pada kelompok primer bersifat dalam dan luas.
Artinya dalam kelompok primer kita mengungkapkan hal-hal yang bersifat pribadi dengan menggunakan berbagai lambang, verbal maupun nonverbal. Sebaliknya pada kelompok sekunder, komunikasi bersifat dangkal karena tidak menyentuh perihal pribadi seseorang dan terbatas. Di sini lambang komunikasi umumnya verbal dan sedikit sekali nonverbal.

  1. Komunikasi pada kelompok primer bersifat mendalam karena menyangkut hal personal. Kita bahkan bisa berbagi informasi tentang seluruh pribadi kita. Hubungan kita dengan anggota kelompok primer bersifat unik dan tidak dapat dipindahkan (non-transferable). Ciri ini tidak wujud dalam kelompok sekunder.

  1. Pada kelompok primer, komunikasi lebih menekankan aspek hubungan daripada aspek isi. Komunikasi dilakukan untuk memelihara hubungan baik, dan isi komunikasi bukan merupakan hal yang sangat penting. Namun ciri yang berbeda terdapat pada kelompok sekunder.

In-group dan Out-group


In-group adalah kelompok kita, dan Out-group adalah kelompok mereka. In-group dapat berupa kelompok primer maupun sekunder. Keluarga kita adalah in-group kelompok primer.

Kelompok Deskriptif dan Kelompok Preskriptif


John F. Cragan dan David W. Wright (1980) membagi kelompok pada dua kategori, yaitu kategori deskriptif dan kategori preskriptif. Kategori deskriptif merujuk pada klasifikasi kelompok dengan melihat proses pembentukannya secara alamiah. Sementara kategori preskriptif mengklasifikasikan kelompok menurut langkah-langkah rasional yang harus dilewati oleh anggota kelompok untuk mencapai tujuannya.

Komentar Anda di rwblog.id adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon