Mengenal layer pada photoshop

Apa itu layer?

Layer adalah lapisan, tepatnya lapisan kanvas tempat kita mengedit gambar. Dengan layer kita dapat memulai pengeditan foto dan memberikan efek dengan mudah. Untuk mempermudah penjelasan tentang layer saya akan memberikan sebuah ilustrasi tentang layer.

Ilustrasi Panel Layer

Pertama, ada 3 buah bentuk dengan layer yang berbeda-beda, bentuk love berada pada layer Love, bentuk persegi berada di layer persegi dan bentuk lingkaran berada pada layer lingkaran, perhatikan gambar di bawah ini
Mengenal layer pada photoshop
Dari gambar di atas menunjukan bahwa layer Lingkarang terletak pada bagian paling atas, layer love ada di tengah dan layer persegi berada pada bagian paling bawah, kita ibaratkan bahwa ketiga ini adalah sebuah plastik, lalu apa yang terjadi jika kita menumpukkan ketiga bagian ini? seperti halnya yang saya katakan tadi layer adalah lapisan. jadi jika kita satukan ketiga gambar ini maka yang terjadi seperti gambar di bawah ini
Mengenal layer pada photoshop
Nah semoga dari pemaparan saya yang sederhana ini mampu mengantarkan makna apa yang saya sampaikan kepada benak sahabat. hehe sedikit filosofis.

Islam is Take it and Leave it

Manusia membutuhkan syariat dalam mengarungi kehidupan dunia, sebab yang namanya manusia sudah tentu akan melakukan gerak yang dapat mendatangkan kemaslahatan dan menolak kemudharatan. Sedangkan syariat yang akan membedakan mana yang akan menghasilkan kemaslahatan dan mana yang menjerumuskan ke dalam kemudharatan. Itulah keadilan Allah pada makhluqnya, cahaya-Nya di tengah-tengah hambanya. Tidak mungkin Bani Adam akan hidup tanpa ada syariat yang mengarahkan kepada apa yang harus dilakukan dan apa yang harus ditinggalkan.. Allah berfirman, ”…Dan kami turunkan kepadamu Al Quran, agar kamu menerangkan kepada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka, dan supaya mereka memikirkan.” (QS. An Nahl : 44). “Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah dan kitab yang menerangkan. Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhoan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.” (QS Al Maidah : 15-16). Allah juga berfirman, “Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Quran) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab (Al Quran) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al Quran itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang Kami kehendaki diantara hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus.” (QS Aay Syura : 52)
Itulah Islam, Islam adalah perintah untuk beribadah kepada Allah dan melepaskan peribadahan-peribadahan kepada selainnya. Islam adalah perintah untuk mengikuti Sunnah Rasulullah dan menjauhi larangannya. Islam adalah pengagungan terhadap perintah dan larangan Allah dan Rasul-Nya, yang dengan itu semua manusia diatur kehidupannya sesuai dengan kehendak Sang Pencipta dan pengatur alam jagad raya ini. Yang dengan itu semua manusia dimulyakan atas makhluq-makhluq ciptaan lainnya.

Islam bukanlah seperti yang difilm-kan oleh Si Boy atau yang digambarkan oleh seorang cow-boy, bukan pula seperti yang dicita-citakan oleh seorang sinting “Ulil Abshor”, yang mengatakan bahwa Islam yang disuguhkan dengan cara “take it” or “leave it” itu membahayakan kemajuan Umat Islam.
Pernyataan yang ngaco, yang penulis kira dia bukan seorang muslim. Bagaimana tidak, dengan pernyataan itu dia menginginkan Umat Islam bebas dari syariat yang memerintah dan melarang. Tidak ada manfaatnya ketaatan dan tidak akan membahayakan kemaksiatan-kemaksiatan. Tak ada bedanya orang yang beribadah dan yang bermaksiat. Tak ada gunanya amalan-amalan shalih. Tak ada bedanya antara yang haq dan yang batil. Tidak ada prinsip Al Wala’ wal Bara’, bahkan tidak ada bedanya antara Islam dan kafir. Jelas ini adalah penghinaan terhadap syariat Allah dan penghinaan terhadap Umat Islam yang menurut dia –dengan pernyataanya itu- Umat Islam harus seperti binatang yang hidup bebas tanpa batasan norma-norma kemanusiaan. Kalau bagi dia wajar, karena dia memang seekor binatang. Tetapi kita, kita adalah Umat Islam yang dimuliakan dengan Islam –seperti pernyataan sahabat Umar ibnul Khatab-
Sesungguhnya tidak ada istimewanya tulisan dan pernyataan Ulil Abshar sehingga penulis harus menghabiskan waktu untuk membantahnya, karena isinya hanya sampah dan kotoran-kotoran najis yang wajib setiap Muslim untuk menjauhinya. Penulis hanya ingin mengingatkan para pembaca –Kaum Muslimin- dengan firman Allah, “…Dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu…” (QS Al Maidah : 49)
Hanya dengan kembali kepada agama-Nya, kembali kepada Allah dan Rasul-Nya, mematuhi segala perintah-perintah-Nya dan meninggalkan larangan-larangan-Nya Umat Islam akan maju dan mulia, sebagaimana pernyataan Nabi,”Allah akan menimpakan kehinaan kepada kalian sampai kalian kembali kepada agama kalian”. Semua perintah maupun larangan Allah dan Rasul-Nya adalah sesuai dengan fitrah manusia, mengarahkan Umat Islam kepada sesuatu yang bermaslahat dan menjauhkan dari sesuatu yang mudharat, diantara yang menunjukkan hal itu :
Pertama
Allah memerintahkan untuk memerintah kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar: “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang baik dan mencegah dari yang munkar…” (QS Ali Imran : 110).
Kedua
Allah memerintahkan untuk ta’awun (tolong menolong) dalam hal kebaikan dan melarang dari ta’awun dalam hal dosa dan maksiat: “…Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran…” (QS Al Maidah : 2).
Ketiga
Allah memerintahkan untuk menjadi para penegak keadilan: “Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapak dan kaum kerabatmu…” (QS An Nisa : 135).
Keempat
Rasulullah memerintahkan untuk bersikap jujur dan melarang dari berdusta: “Hendaklah kalian jujur karena kejujuran menghantarkan kepada kebaikan, sedangkan kebaikan akan menghantarkan ke surga. Dan janganlah kalian berdusta karena kedustaan akan menghantarkan kepada kejahatan, sedangkan kejahatan akan menghantarkan ke neraka.” (HR. Bukhori Muslim dari Ibnu Mas’ud).
Kelima
Rasulullah melarang dari berburuk sangka: “Janganlah kalian berprasangka buruk karena ia adalah perkataan yang paling dusta.” (HR Bukhori Muslim dari Abu Hurairah)
Keenam
Rasulullah memerintahkan untuk menyebarkan nasihat: “Agama itu nasihat” –diulangi tiga kali-, kami bertanya, “untuk siapa wahai Rasulullah ?” Beliau menjawab, “Bagi Allah, bagi Kitab-Nya, Rasul-Nya dan bagi para pemimpin muslimin dan Kaum Muslimin umumnya.” (HR. Muslim dari Abi Ruqoyah Tamim Ad Dari)
Akhirnya sekali lagi penulis mengingatkan kepada para pembaca –Kaum Muslimin- bahwa sekarang ini telah muncul orang-orang yang berhati syaitan tetapi bertubuh manusia seperti yang digambarkan Rasulullah dalam Shahih Bukhori, hendaknya berhati-hati dan waspada terhadap mereka. Semoga Allah senantiasa memberikan pertolongan-Nya kepada kita dan Kaum Muslimin dimanapun berada, Amin ya Mujibas saailiin.

FATWA SYAIKH MUHAMMAD BIN SHALIH AL UTSAIMIN
TENTANG HUKUM ZIARAH KUBUR BAGI WANITA, MERATAPI MAYIT DAN MENGANTAR JENAZAH
Beliau berkata:
Ziarah kubur bagi wanita adalah haram, bahkan termasuk dosa besar jika keluar ke kuburan dengan tujuan itu. Karena Nabi melaknat para peziarah kubur –dari kalangan wanita-, yakni mendoakan mereka dengan laknat. Sedang laknat ialah menolak dan menjauhkan dari rahmat Allah, dan yang demikin tidak terjadi kecuali disebabkan karena dosa besar. Namun apabila seorang wanita keluar dengan suatu keperluan, kemudian melewati kuburan/ pemakaman, maka tidak mengapa ia berdiri dan mengucapkan salam pada ahli kubur. Dan seperti inilah yang dipahami dari apa yang diriwayatkan Imam muslim dari Aisyah, dia berkata, “Wahai Rasulullah bagaimana aku mengucapkan kepada mereka ?” Beliau menjawab, “ucapkanlah: Assalamu ala ahli diyar minal mukminin wal muslimin wayarhamullah almustaqodimin wal musta’khirin wa inna InsayAllah bikum lahikun”.

Adapun meratapi mayit maka ini haram bahkan juga termasuk dosa besar, karena telah ada dari dari Rasulullah bahwa beliau melaknat orang yang meratapi mayit.
Sedangkan mengantar jenazah bagi wanita juga haram karena kurang sabarnya mereka akan hal ini dan akan mengundang fitnah serta ikhtilath (bercampur baur) bersama lelaki.
Semoga Allah menjadikan kita sebagia hamba-hamba yang shalihin dan muslihin.
Penulis: Ust Abu Hamzah Yusuf
Sumber artikel : http://www.salafy.or.id/print.php?id_artikel=48

Cara Menyimpan File di Photoshop

Tentunya setelah sahabat melalukan desain di photoshop atau edited sebuah photo, langkah terkahir adalah menyimpan hasil editan sahabat, lalu bagaimana caranya? berikut

Klik File pada menu bar lalu pilih Save atau Save As.
Cara Menyimpan File di Photoshop
Perbedaan Save dan Save as adalah jika save maka sahabat akan menimpa file yang telah di edit dan jika save as berarti sahabat akan membuat file baru tanpa kehilangan file yang telah di edit.
Jika sahabat telah menentukannya dan mengklik save atau save as maka akan muncul box baru seperti gambar di bawah ini

Cara Menyimpan File di Photoshop

Keterangan

  • Save in : Pilih tempat dimana anda akan menyimpan file yang telah di edit
  • File Name : Isi dengan nama filenya
  • Format : Pilih format sesuai keutuhan anda
Pilihlah format penyimpanan .psd. Format file ini merupakan format asli dokumen Photoshop. Format ini mampu menyimpan informasi layer dalam gambar. Sehingga suatu saat file masih dapat dibuka dan diedit kembali jika perlu
Selain itu dapat juga menyimpan dalam format .jpg/.jpeg. Format file ini mampu mengkompres objek dengan tingkat kualitas sesuai pilihan yang disediakan. Format ini sering digunakan untuk keperluan halaman web atau publikasi elektronik lainnya. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB,CMYK, dan Grayscale.
Ok sampai ketemu di pemaparan saya yang berikutnya.

Membuat Lembar Kanvas Baru di Photoshop

Pertama, tentu saja jalankan photoshopnya
Klik File pada menu bar, lalu  pilih New, Disini sahabat juga dapat menekan tombol ctrl+N pada keyboard agar lebih cepat
image
Maka akan muncul box membuat canvas baru seperti di bawah ini, silakan atur sesuai kebutuhan lalu klik Ok, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bwah ini berserta keterangannya
image
KETERANGAN GAMBAR DI ATAS
  • Name
    Kotak teks yang dipakai untuk memberi nama pada file contoh gambar di atas menggunakan nama saya.
  • Preset
    Preset secara sederhana adalah ukuran-ukuran yang telah di sediakan photoshop, dalam contoh ini saya memilih preset Internasiol Paper, maka akan muncul pilihan di Size (ukuran-ukuran untuk Internasional Paper) dalam contoh di atas saya memilih ukuran kertas A4, jadi sagabat tidak perlu lagi mengatur width(lebar) dan Height (tinggi).
  • Width & Height
    Ukuran panjang dan lebar kanvas dalam satuan mm, disini sahabat juga dapat merubah satuannya seperti pada umumnya yang di gunakan adalah pixels
  • Resolution
    Terdapat dua jenis resolusi yaitu resolusi monitor (72 ppi) dan resolusi printer (300 ppi). Contoh: sebuah gambar berukuran 1x1 inci dengan resolusi 72 ppi mempunyai jumlah resolusi 5184 pixel (tinggi 72 pixel x lebar 72 pixel = jumlah total 5184). Di lain pihak, sebuah gambar dengan ukuran sama yang mempunyai resolusi 300 ppi akan berisi 90.000., untuk hasil print yang bagus gunakan saja ukuran 300.
  • Color Mode
    Warna memiliki peran khusus, yaitu sebagai penanda sebuah gambar. Ada beberapa mode warna yang digunakan di Adobe Photoshop, yaitu RGB (Red, Green, Blue), CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black), Grayscale, Lab Color, dan Bitmap.
  • Background Contents
    Dipakai untuk menentukan warna latar kanvas. Terdiri dari tiga jenis, yaitu White, Background Color, dan Transparent. disini yang paling umum adalah white, karena nantinya sahabat bisa mengatur warna background kembali saat pengeditan.
Nah begitulah apa yang dapat saya paparkan kali ini, semoga anda-anda mengerti. Open-mouthed smile

Belajar Tauhid–Gelar Terlarang

Pemberian gelar kepada seseorang yang dikagumi ataupun kepada orang yang dibenci sudah menjadi kebiasaan masyarakat pada umumnya. Namun sayangnya, banyak sekali di antara gelar yang diberikan oleh masyarakat tersebut yang ternyata bertentangan dengan syariat Islam yang mulia dan memiliki makna yang bathil.

Kita telah mengetahui bersama bahwa Alloh telah memberitakan sebagian nama dan sifat-Nya yang mulia melalui Al-Qur’an dan Al-Hadits. Di antara nama-nama tersebut, ada 99 nama yang apabila kita menghitungnya maka kita akan masuk syurga. Perlu diketahui sebelumnya bahwa di antara ke-99 nama tersebut ada yang khusus milik Alloh dan tidak boleh diberikan kepada selain-Nya serta ada pula yang boleh diberikan kepada selain Alloh. Hal ini adalah konsekuensi dari Tauhid Asma’ wa Shifat (Mengesakan Alloh dalam Nama dan Sifat-Nya).
Kaitannya dengan kesalahan dalam pemberian gelar adalah bahwa sebagian gelar yang diberikan masyarakat kepada idolanya atau kepada tokoh yang dikaguminya, merupakan gelar yang hanya boleh diberikan dan dimiliki oleh Alloh ‘Azza wa Jalla. Gelar yang biasa diberikan sebuah masyarakat untuk pimpinannya atau untuk hakimnya adalah Raja para Raja (Raja Diraja), Hakim para Hakim dan yang sejenisnya. Gelar-gelar tersebut hanya boleh disandang oleh Alloh ‘Azza wa Jalla karena hanya Dialah Raja para Raja dan Hakim para Hakim.

Penjelasan Rosululloh ‘alaihish sholaatu was salaam

Permasalahan ini telah dijelaskan oleh Rosululloh ‘alaihish sholaatu was salaam dalam sebuah hadits dari shahabat Abu Huroiroh rodhiyallohu ‘anhu bahwa beliau bersabda, ”Sesungguhnya gelar atau nama yang paling hina di hadapan Alloh adalah seseorang yang menggunakan gelar “Malikul Amlak” (Raja para Raja), tiada raja yang berhak disembah selain Alloh.” (HR. Bukhori dan Muslim)
Gelar “Malikul Amlak” (Raja para Raja) adalah gelar yang hanya khusus bagi Alloh ‘Azza wa Jalla, sehingga gelar ini adalah gelar yang hina jika diberikan kepada selain Alloh. Karena gelar tersebut sungguh tidak pantas disandang oleh selain Alloh. Barang siapa yang merendahkan dirinya di hadapan Alloh maka Alloh akan meninggikannya, dan barang siapa yang meninggikan dirinya di hadapan Alloh maka Alloh akan merendahkannya.
Adapun larangan untuk memberikan gelar “Qodhil Qudhot” (Hakim para Hakim) kepada selain Alloh juga diambil dari hadits ini. Hal ini karena gelar tersebut memiliki makna yang sama dengan gelar Malikul Amlak, yaitu hanya boleh diberikan kepada Alloh Ta’ala.
Larangan ini tidak berlaku jika ruang lingkup gelar tersebut dibatasi atau ditambahkan keterangan setelahnya, misalnya Raja para Raja Eropa, atau Hakim para Hakim Indonesia dan lain-lain. Ketika dibatasi seperti itu, maka gelar tersebut menjadi tidak sempurna dan bisa diberikan kepada selain Alloh.

Mengganti Gelar Yang Tidak Sesuai Dengan Syariat

Selain hadits di atas, ada juga sebuah kisah yang diriwayatkan dari Abu Dawud dengan sanad yang shohih bahwa seorang shahabat Rosululloh ‘alaihish sholaatu was salaam yaitu Abu Suraih rodhiyallohu ‘anhu dahulu bergelar Abu Al-Hakam (bapaknya Al-Hakam). Ketika berita tentang pemberian gelar tersebut sampai kepada Rosululloh ‘alaihish sholaatu was salaam, maka Rosululloh ‘alaihish sholaatu was salaam bersabda, “Sesungguhnya Alloh, itulah Al-Hakam dan kepada-Nya lah semua hukum kembali (merujuk).”
Setelah itu Abu Suraih menceritakan kepada Rosululloh ‘alaihish sholaatu was salaam tentang asal-usul pemberian gelar tersebut. Gelar tersebut diberikan oleh kaumnya kepada Abu Suraih karena ia bisa memberikan keputusan hukum yang bisa diterima oleh kedua belah pihak yang sedang bertikai.
Makna dari Al-Hakam adalah tempat merujuk semua hukum dan ini adalah nama yang khusus bagi Alloh Ta’ala. Sehingga arti dan makna dari nama Abu Al-Hakam adalah Abulloh (Bapaknya Alloh) yang jelas hal ini merupakan kebatilan. Selain karena merupakan nama khusus milik Alloh Ta’ala, kaum Abu Suraih memberikan gelar tersebut bukan sekedar gelar kosong belaka tetapi mereka juga mensifati bahwa Abu Suraih adalah tempat merujuk hukum. Sehingga hal ini termasuk kesyirikan dalam masalah nama dan shifat Alloh. Karena kedua sebab itulah Rosululloh ‘alaihish sholaatu was salaam menghilangkan gelar tersebut dan menggantinya dengan Abu Suraih.
Hal yang perlu dicermati bersama dari inti pembahasan ini adalah pada makna yang dikandung oleh gelar tersebut. Sehingga walaupun gelar yang diberikan berbunyi lain karena adanya perbedaan bahasa, tetapi jika maknanya sama maka gelar tersebut terlarang untuk diberikan kepada selain Alloh ‘Azza wa Jalla.
tauhid

Gelar-Gelar Bermasalah Lainnya

Selain gelar yang bertentangan dengan Tauhid Asma’ wa Shifat tersebut, ada juga nama atau gelar yang dilarang oleh syariat walaupun tingkat pelanggaran gelar-gelar tersebut tidak seberat pelanggaran gelar Malikul Amlak dan Qodhil Qudhot. Sebagian lagi merupakan gelar yang bermasalah karena salah dalam penggunaan.
Sebagai contoh adalah gelar “Hujjatulloh” atau “Hujjatul Islam”. Gelar ini menjadi bermasalah karena gelar tersebut hanya boleh diberikan kepada para Rosul ‘alaihimus salaam. Karena hujjah (argumen) dari Alloh kepada para hamba-Nya hanya dibawa dan hanya diemban oleh para Rosul ‘alaihimus salaam, tidak diemban oleh selain mereka. Adapun para ulama rohimahumulloh hanya meneruskan hujjah-hujjah yang telah dibawa oleh Rosululloh ‘alaihish sholaatu was salaam. Maka tidak selayaknya kita memberikan gelar tersebut kepada selain para Rosul ‘alaihimus salam walaupun mereka adalah seorang imam besar. Gelar “Imam” sudah cukup bagi mereka, yaitu para ulama rahimahumulloh.
Gelar yang lain adalah “Syaikhul Islam”. Jika yang dimaksud adalah bahwa orang tersebut mengetahui seluruh hukum Islam tanpa kecuali, maka hal ini bathil. Namun jika yang dimaksud dari gelar Syaikhul Islam adalah bahwa orang tersebut adalah seorang mujaddid (pembaharu) maka pemberian gelar tersebut tidak masalah selama orang tersebut memang pantas menyandangnya.
Maksud dari tajdid (pembaharuan) adalah mengembalikan Islam menjadi seperti ketika masih baru, masih bersih, murni dan asli sebagaimana yang dulu diajarkan dan didakwahkan oleh Rosululloh setelah dicemari dengan adanya penambahan ataupun pengurangan syariat oleh generasi sesudahnya. Adapun membuat syariat-syariat baru yang belum pernah ada di zaman Rosululloh ‘alaihish sholaatu was salaam maka hal ini bukan tajdid akan tetapi bid’ah dan semua bid’ah adalah kesesatan.
Gelar yang lain adalah “Imam”. Gelar ini hanya pantas diberikan kepada orang yang pantas menyandangnya. Seperti seorang imam masjid, atau seorang teladan yang baik bagi kaum muslimin dari sisi aqidahnya, kedalaman ilmunya, kekuatan imannya, tawadhu’-nya (rendah hati) dan lain-lain. Gelar ini sering disalahgunakan oleh sebagian orang untuk menyanjung tokohnya, padahal tokohnya tersebut memiliki banyak kesalahan dalam bidang aqidah dan bidang lainnya sehingga bukan merupakan teladan yang baik. Sejenis dengan gelar ini adalah gelar ”Mufti” atau “Hakim”. Orang yang pantas diberikan gelar “Hakim” adalah orang yang memutuskan permasalahan dengan landasan syariat Islam.
Setelah mengetahui permasalahan ini, maka jika sudah terlanjur nama atau gelar tersebut diberikan kepada seseorang, wajib bagi kita untuk mengganti nama atau gelar tersebut dengan gelar atau nama yang diperbolehkan oleh syariat. Allohu a’lam.
Penulis: Abu Ilyas Handanawirya
Sumber : Muslim.or.id

















Mengenal Bagian-bagian Photoshop

Dalam kesempatan kali ini saya akan memaparkan dasar-dasar photoshop, dimana tugaski kita saat ini adalah mengenal bagia-bagian dari adobe photoshop, photoshop yang saya gunakan disini adalah photoshop CS 3 namun untuk photoshop lainnya saya rasa hampis sama dengan penjelasan berikut, ok langsung saja.
Pertama coba sahabat perhatikan gambar di bawah ini, gambar ini menunjukan bagian-bagian dari photohop yang telah saya beri garis warna merah.

Mengenal bagian-bagian photohsop detail dan lengkap
  1. Menu Bar
    Berisi opsi-opsi menu untuk pengelolaan aplikasi dan pengelolaan foto seperti menu-menu efek, save,open dll
  2. Opsi Bar
    Berisi opsi-opsi dari tools yang ada di toolbox. Ikon-ikon dalam barisan ini akan berubah sesuai tool yang Anda pilih. Setiap opsi pasti terkait langsung dengan tool sehingga opsi ini bersifat dinamis.
  3. Toolbox
    Barisan tools yang dimanfaatkan untuk mengelolah foto atau gambar, mulai dari tool menyeleksi gambar, menggambar, kuas, hingga memperbesar tampilan gambar.
  4. Area Kerja
    Kanvas foto yang menampilkan olahan foto sehingga terlihat hasilnya meski telah tersusun dari sejumlah layer.
  5. Kotak Warna
    Kotak warna ini terbagi dua warna yaitu foreground color (hitam) dan background color (putih).
  6. Panel Pendukung Tool Utama
    Jendela-jendela kecil berisi tools pendukung tool utama di toolbox, misalnya panel warna (color), panel histogram, dan sebagainya.
  7. Jajaran Panel
    Jajaran ikon panel ini sebagai panel tambahan selain dari panel standar.
  8. Layer
    Panel berisi layer (lapisan-lapisan gambar) yang menyusun menjadi tampilan foto. Penggunaan layers akan memudahkan Anda dalam memanipulasi sebuah foto.
  9. Tombol Tab Antar lembar kerja
    Tombol ini biasa digunakan ketika kita ingin menyatukan dua gambar berbeda, tombol ini berguna sebagai minimize, restore down dan close layaknya jika kita membuka aplikasi dalam mode window

Ok untuk membahas lebih terperinci bagian-bagian photoshop di atas, insya allah saya akan update.

Membuat artikel atau postingan Blog secara offline

Seorang blogger terkadang mempunyai keterbatasan waktu online, contoh kecilnya saya. nah oleh karena itu menulis artikel atau membuat postingan secara offline menjadi pilihan yang sangat tepat.
lalu bagaimana cara membuat artikel atau postingan pada saat offline?di bawah ini saya akan paparkan cara membuat artikel secara offline, tentunya ada banyak cara, salah satunya dengan menggunakan Microsoft Word, lalu ketika akan di publikasikan baru deh di konekin ke internet. Namun menurut pengalaman saya pribadi biasanya apa yang terlihat atau yang telah kita atur di microsoft word tidak sama dengan penampakan yang tampil di blog kita, sebenarnya untuk masalah ini ada banyak kemungkinan, terutama pada pengaturan template yang anda gunakan.
Lalu bagaimana solusi? atau sofware terbaik untuk membuat artikel secara offline? nah ini dia “Windows Live Writter”.
Dengan menggunakan windows live writter membuat artikel menjadi lebih mudah, mungkin kekurangannya adalah fitur Deskripsi Penelusurannya yang belum ada atau mungkin ada tapi saya tidak menemukannya. hehe.
Fitur yang biasa saya gunakan di Windows Live Writter adalah, mengatur tags (label), menjadwalkan postingan, mengatur tag h1,h2,h3 dll, tag pada gambar juga tersedia dan lagi untuk melinduingi gambar anda sudah tersedia secara default fitur watermarknya. Ok langsung saja kita praktekkan Open-mouthed smile

Membuat Artikel Blog di Windows Live Writter

  • Tentunya download dulu Windows Live Writter disini
  • Install Windows Live Writter (cara installnya cukup mudah, tinggal next-next saja)
  • Setelah terinstall buka Windows Live Writter
  • Anda akan anjurkan menambahkan akun blog, jika anda seorang Blogger pilih Other service lalu klik next
Membuat artikel atau postingan secara offline
  • Akan muncul gambar seperti di bawah ini
Membuat artikel atau postingan secara offline
  • Isi web addres of your blog dengan alamat blog sahabat, username dan password blog sahabat, jika anda seorang blogger masukan username akun google anda beserta passwordnya lalu klik next
  • Maka proses menghubungkan akan tampil, setelah terhubung maka tampilan Live Writter kira-kira seperti gambar di bawah ini
Membuat artikel atau postingan secara offline
  • Seperti yang telah saya beri warna merah di atas, itu menandakan akun anda telah terhubung dengan Live Writter, dan untuk kotak warna merah yang panjang, itu adalah semua daftar kategori blog anda, tinggal membuat artikel sesuka anda, anda bisa menyimpan artikel anda di localhost terlebih dahulu, jika anda sudah punya kesempatan baru di publis deh. Open-mouthed smile
Oh iya hampir lupa, sebelum mengkoneksikan blog dengan windows live writter usahakan laptop atau komputer sahabat telah terhubung dengan internet, setelah proses pengkoneksian selesai, sahabat boleh memutuskannya, sambungkan kembali jika akan mempublis artikel sahabat agar memperhemat kuota Open-mouthed smile. Ok sekian dari saya semoga bermanfaat.

Jangan Ganti Template Blog anda, ini alasannya

Ngeblog adalah caraku mengingat tuhan, itulah slogam filosofis dari blogku ini, sahabat bagaimana?
Ok langsung saja, kalau blog di banned mungkin lebih baik daripada blog menjadi sampah atau sisa-sisa. apa penyebab blog menjadi blog sampah? mengganti template.hal inilah penyebabnya

Mengganti Template (Jangan)

Jangan sekali-kali mengganti template. loh kok jangan ganti template? coba anda pertanyakan kembali, sudah berapa kali anda mengganti template sebelum membaca tulisan ini? hehe saya yakin anda sudah beberapa kali, sebenarnya mengganti template itu tidak di larang oleh siapa-siapa, oleh google dan oleh pembuat template tersebut.
Lalu mengapa saya katakan jangan mengganti template? ini alasannya
Bahaya mengganti template blogger
Ketika anda mengganti template saat ini, anda akan di sibukkan dengan memperbaiki beberapa tampilan yang tidak sesuai dengan ke inginan anda, penambahan widget, lalu anda akan nyaman untuk sementara dengan template yang anda gunakan, hari demi hari anda akan bosan (muncullah keinginan untuk mennganti template lagi). nah inilah yang saya maksud jangan ganti tempalte lagi, mau bosan atau tidak dengan tampilan anda saat ini, biarkan saja. Namun jika anda masih mau menggantinya saya jamin di kemudian hari pasti anda akan merasa bosan kembali, dan begitulah seterunya.
Yang lebih parah anda akan nyaman dengan gonta ganti template lalu melupakan membuat konten, membuat artikel, membuat artikel orisinal akhirnya anda kepepet anda terburu-buru, lalu anda memutuskan untuk copy paste padahal untuk membuat artikel berkualitas dewa seperti halnya yang telah saya postingakan disini (cara membuat artikel seo berkualitas dewa) dengan cepat dan instan, inpor xml agar lebih cepat dan segala cara anda halalkan. Akhirnya blog anda menjadi blog sampah.
Jadi apakah kita tidak boleh mengganti template? tentu saja boleh asalkan jangan Gonta ganti, saran saya lebih baik di pertimbangkan dulu jika ingin mengganti template (untuk template saya sarankan desainnya kang ismet, kang riang, dte, mbak arlina, maskolis dan mas sugeng Open-mouthed smile). banyak manfaat mengganti template namun tentu saja di balik manfaat pasti ada juga kerugiannya Open-mouthed smile salah satunya Artikel anda tidak berkualitas jika anda terlalu nyaman dalam hal gonta ganti.

Cara Download File di Tusfiles Yang berubah menjadi Exe

Mendownload file sudah menjadi kebiasaan umum bagi anda yang biasa mendownload, hehe. namun bagaimana jika anda kesulitan mendownload file? atau saat anda mendownload file rar atau mp3 kok yang terdownload adalah file exe, dan ukurannya pun sangat kecil di banding file yang akan kita download, contohnya di situs tusfiles, nah pada artikel singkat inilah saya akan paparkan secara sederhana cara mendownload file di situs tusfiles dengan benar dan tentunya terbaru, berikut:


  • Pertama tentu saja masuk ke situs tusfile sesuai link yang anda dapatkan atau yang akan anda download
  • Hapus tanda centang/ceklis  seperti gambar di atas (Mendisable download manager yang di sarankan oleh situs tersebut)
  • Lalu klik nama file yang akan di download, dalam contoh gambar di atas saya akan mendownload Blacktool, maka klik nama file tersebut (sebenarnya tombol downloadnya adalah nama file itu sendiri)
  • Tedeng… terdownload deh, sekarang file yang anda download sudah tidak berubah menjadi exe Open-mouthed smile

Kode Cheat GTA San Andreas PC (Cheat)

Kali ini saya akan share kode atau cheat GTA SA, kode cheat GTA San Andreas ini untuk game PC atau Laptop. jadi kodenya pakai keyboard. Ok langsung saja berikut :

General Cheats GTA SA PC

HESOYAM = Health, Armor, $250K
BAGUVIX = Infinity Health
LXGIWYL = Weapon Set 1
PROFESSIONALSKIT = Weapon Set 2
UZUMYMW = Weapon Set 3
FULLCLIP = Infinity Ammo
TURNUPTHEHEAT = Increase Wanted Level 2«
TURNDOWNTHEHEAT = Clear Wanted Level
BRINGITON = Six Start Wanted Level
AEZAKMI = Pal Up With Police
GOODBYECRUELWORLD = Suicide
KANGAROO = Mega Jump
CJPHONEHOME = Huge Bunny Hop
IAVENJQ = Mega Punch
ANOSEONGLASS = Adrenaline Mode
CRAZYTOWN = Funhouse Theme
NINJATOWN = Ninja Theme
BEKKNQV = Slut Magnet
BLUESUEDESHOES = Elvis is Everywhere
 

Vehicle Spawn Cheats

AIYPWZQP = Have Parachute
ROCKETMAN = Have Jetpack
OHDUDE = Spawn Hunter
AMOMHRER = Spawn Tanker Truck
AIWPRTON = Spawn Rinho
OLDSPEEDDEMON = Spawn Bloodring Banger
JQNTDMH = Spawn Rancher
VROCKPOKEY = Spawn Racecar #1
VPJTQWV = Spawn Racecar #2
WHERESTHEFUNERAL = Spawn Romero
CELEBRITYSTATUS = Spawn Strecth
TRUEGRIME = Spawn Trashmaster
RZHSUEW = Spawn Caddy
MONSTERMASH = Spawn Monster
FLYINGTOSTUNT = Spawn Stunt Plane
FOURWHEELFUN = Spawn Quad
JUMPJET = Spawn Hydra
KGGGDKP = Spawn Vortex Hovercraft
ITSALLBULL = Spawn Dozer

cheat Gta sanandreas PC 2015 terbaru

Other Vehicle Cheats GTA SA

JCNRUAD = Smash n' Boom
CPKTNWT = Blow Up All Cars
WHEELSONLYPLEASE = Invisible Car
STICKLIKEGLUE = Perfect Handling
LLQPFBN = Pink traffic
IOWDLAC = Black traffic
FLYINGFISH = Boats fly
CHITTYCHITTYBANGBANG = Cars Fly
BMTPWHR = Country Vehicles And Peds, Get Born 2 Truck Outfit
FVTMNBZ = Traffic is Country Vehicles
EVERYONEISPOOR = Traffic is Cheap Cars
EVERYONEISRICH = Traffic is Fast Cars
OUIQDMW = Free Aim While Driving
GHOSTTOWN = Reduced Traffic
SPEEDFREAK = All Cars Have Nitro
BUBBLECARS = Cars Float Away When Hit
 

Weather/Time Cheats


YSOHNUL = Faster Clock
SPEEDITUP = Faster Gameplay
SLOWITDOWN = Slower Gameplay
ALNSFMZO = Overcast Weather
PLEASANTLYWARM = Sunny Weather
TOODAMNHOT = Very Sunny Weather
CFVFGMJ = Foggy Weather
SCOTTISHSUMMER = Thunderstorm
CWJXUOC = Sandstorm
OFVIAC = Orange Sky 21:00
NIGHTPROWLER = Always Midnight
AUIFRVQS = Rainy Weather
BAGOWPG = Have a bounty on your head
ZEIIVG = All green lights
VKYPQCF = Taxis Have Nitrous, L3 Bunny Hop
 

Pedestrian/Gang/Stats Cheats


STATEOFEMERGENCY = Riot Mode
AJLOJYQY = Peds Attack Each Other, Get Golf Club
FOOOXFT = Everyone is armed
BGLUAWML = Peds Attack You With Weapons, Rocket Launcher
YLTEICZ = Aggressive Drivers
LIFESABEACH = Beach Party
BTCDBCB = Fat
BUFFMEUP = Max Muscle
KVGYZQK = Skinny
WORSHIPME = Max Respect
HELLOLADIES = Max Sex Appeal
NATURALTALENT = Max All Vehicle Skill Stats
PROFESSIONALKILLER = Hitman In All Weapon Stats
CVWKXAM = Infinite Oxygen
BIFBUZZ = Gangs Control the Streets
ONLYHOMIESALLOWED = Gang Members Everywhere SJMAHPE = Recruit Anyone (9mm)
ROCKETMAYHEM = Recruit Anyone (Rockets)
AEDUWNV = Never Get Hungry
 
Ok sekian dari saya, semoga bermanfaat.




























































































2 Tips Super Pembangkit Semangat Kuliah

Sepagi-paginya jariku bermain di atas keyboard yang tentunya laptop kesayangnganku, dan sudah jelas bukan laptop anda, hehe.

Ok kita lanjut kedalam selembar artikel ini, bagi seorang mahasiswa ngampus adalah bagian dari hidupnya. Namun apa yang terjadi jika seorang mahasiswa terinfeksi virus tingkat S? wah virus apa itu? Virus Malas istilahnya.

Malaslah bagian dari penghalang kesuksesan anda sebagai mahasiswa. Masih dalah keadaan menari jemariku mengetik artikel ini, di temani kopi dan beberapa kebiasan laki-laki pada umumnya :D

Semalas-malasnya anda, bermalas-malasanlah seperti saya, yah seperti saya karena saya hancur dalam malasku untuk sukses. jangan malas hanya karena sebuah rasa kantuk.

yang jadi masalah saat ini, bagaimana tips untuk anda yang sudah nyaman di kondisi malas? bahkan malas sudah mendarah daging? nah kali ini saya akan share 2 tips super ampuh pembangkit tenaga listrik berkekuatan semangat tinggi, tentunya ini berasalah dari pengalaman saya pribadi.

2 Tips Super Pembangkit Semangat Kuliah

INGAT KEDUA ORANG TUA ANDA

Tips ini adalah tips yang sangat ampuh menurut saya, ketika perantara sadar dan tidak sadar saat pagi hari, mengingat orang Tua adalah pembangkit tenaga listrik berkekuatan semangat tinggilah yang paling tepat. Apalagi buat sahabat yang jauh dari kedua orang tua seperti saya. Orang Tua saya di jeneponto sedangkan saya di Makassar. namanya juga menuntut ilmu (Kejarlah ilmu kemanapun, walau di negeri cina sekalipun "Kalau ada uang" hehe)

Lalu bagaiamana metodenya? sedikit gila sebenarnya. Coba bayangkan kedua orang tua anda menutup matanya tanpa bisa membuka matanya kembali?? coba bayangkan jika kedua orang tua anda sudah tiada lagi di dunia ini. Coba bayangkan kedua orang tua anda yang susah payah mencarikan anda selembar uang hanya untuk proses perkuliahan anda, namun anda hanya bermalas-malasan. Jujur saat saya mengetik tulisan ini saja saya sudah merinding terbakar semangat membara sampai-sampai saya ingin meninggalkan artikel ini hehe. bagaimana semangat bukan?

INGAT SEORANG WANITA ATAU SESEORANG

Tips kedua ini hanya sebuah tambahan menurut saya, karena saya yakin hanya dengan tips yang pertama anda akan terbakar semangatnya :D.

yang jadi masalah, wanita siapa yang akan kita ingat disini? ok yang punya pacar di kampus mungkin sudah mengerti bagaimana buat anda-anda atau sahabat sekalian yang kebetulan jomblowan serta jomblowati?? (seperti saya? ciaahh promosi hehe)

Nah jika kasusnya sama dengan saya, anda boleh mengingat pacar orang lain atau lebih ekstrimnya lagi mengingat istri tetangga haha. 

Sahabat boleh mengingat seorang wanita yang mungkin pernah menyakiti anda, Php-in anda, cuekin anda dan sebagainya. dalam kasus ini saya ingat seorang wanita yang belum dilahirkan kedunia ini (Makna Filosofis)

Untuk hal ini mungkin relatif, tergantung anda, jika anda punya pacar yah ingat pacar anda, jika anda jomblopers setidaknya anda ingat akan Senyuman sahabat-sahabat anda di kampus, kalau anda malas ketemu dosen, malas belajar, malas ngampus setidaknya anda semanagat untuk bertemu kawan anda di kampus. karena tujuan anda saat ini, jauh-jauh merantau hanya untuk mengejar kesuksesan dengan melewati jalur perkuliahan, Semanagat... buktikan pada seseorang anda bisa sukses. jika anda pernah tersakiti oleh seseorang. jadikan sakit itu sebagai cambuk untuk bangkit. Buktikan

Ok sahabat sekalian, mungkin begitulah yang dapat saya sampaikan kali ini. karena keterbatasan waktu saya. semoga dengan ini semangat sahabat terbakar habis. namun jika anda memilih terus-terus bermalasan, setidaknya malas anda bermanfaat, setidaknya jika anda memilih untuk hancur, hancurlah untuk sukses. Salam mahasiswa, salam Blogger Hipper hehe

Kumpulan Gambar Motor Racing Keren

Langsung saja, kali ini saya akan bagikan gambar-gambar motor racing 2015. sedikit tentang semua gambar di bawah ini berasalah dari sahabat saya Ari & Iccang.