Selasa, Februari 16, 2016

Jalur Masuk UNHAS 2017/2018 Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNHAS 2017/2018. Kali ini penulis akan berbagi tentang Jalur masuk untuk Mahasiswa Baru yang ingin atua mempunyai minta melanjutkan pendidikannya di UNHAS (Universitas Hasanuddin).

Bismillah dan Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Tuhan YMK, yang senantiasa melimpahkan rahmat dan petunjukNya sehingga tak terasa masa penerimaan mahasiswa baru (PMB) program studi S1 Universitas Hasanuddin tahun akademik 2016/2017 telah menjelang. Informasi ini dipublikasikan dengan harapan dapat membantu stakeholder, khususnya para siswa, kepala SLTA, dan para orang tua agar dapat mengetahui lebih baik mengenai informasi penerimaan mahasiswa baru melalui 3 (tiga) Jalur Seleksi (SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri) masuk pada program studi yang tersedia di 14 fakultas di lingkungan Universitas Hasanuddin.

UNIVERSITAS HASANUDDIN

Informasi ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi siswa dalam memilih proses seleksi yang sesuai, menentukan prioritas pilihan program studinya, agar pilihan yang diambil sesuai dengan minat, potensi, dan kemampuan yang bersangkutan. Bagi calon mahasiswa berpotensi akademik tinggi namun kemampuan ekonomi orang tuanya tidak dapat menunjang proses pendidikan di perguruan tinggi, dapat melamar Beasiswa Bidikmisi. Akhirnya, kepada segenap calon mahasiswa baru Unhas di seluruh nusantara, kami mengundang Anda untuk belajar di Unhas sesuai dengan program studi pilihan Anda.

Di Universitas hasanuddin dibuka tiga jalur pendaftaran bagi calon mahasiswa, yang pertama adalah jalur masuk SNMPTN, yang kedua SBMPTN dan yang terakhir adalah jalur mandiri. dibawah ini adalah penjelasan lebih lengkapnya.

JALUR MASUK UNHAS 2017/2018

1. JALUR SNMPTN UNHAS 2017/2018

Pendaftaran online dilakukan pada tanggal 18 januari 2016 sampai tanggal 20 Februari untuk PDSS dan 29 Februari 2017 sampai 12 Maret 2017 untuk registrasi Sisa, biaya untuk pendaftaran SNMPT 2017/2018 di tanggung oleh pemerintah (Gratis) dan hasil pengumuman SNMPTN 2016/2017 akan di umumkan pada tanggal 10 Mei 2017.

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademik, untuk informasi lebih lengkap tentang SNMPTN silakan ke artikel berikut:
Info SNMPTN 2017/2018

2. JALUR SBMPTN UNHAS 2017/2018

Untuk pendaftara online SBMPTN 2017/2018 dilakukan pada tanggal 25 april 2017 sampai 20 Mei 2017 untuk PBT dan dari tanggal 25 April 2017 sampai 9 Mei 2017 untuk CBT, biaya pendartaran untuk jalur SBMPTN adalah Rp.200.000 untuk IPA maupun IPS, pengumuman hasil seleksi SBMPTN akan di umumkan pada tanggal 28 Juni 2016.

Seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PTN melalui ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah dilakukan menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi peserta, PTN, maupun bagi kepentingan nasional. Bagi peserta, seleksi bersama menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel. Hal ini dikarenakan adanya mekanisme lintas wilayah.
Berdasarkan pengalaman dalam melaksanakan SBMPTN, yaitu seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan, maka pada tahun 2016 Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) melaksanakan Ujian tertulis yang terdiri dari Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT), yang dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2014, 2015, dan 2016 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, termasuk Paket C.
Ujian tertulis yang terdiri dari PBT dan CBT menggunakan soal-soal ujian yang dirancang mengikuti kaidah-kaidah akademik pengembangan tes. Ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek) dan/atau bidang sosial dan humaniora (soshum). Selain mengikuti ujian tertulis (PBT atau CBT), peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan. informasi lebih detail tentang jalur masuk SBMPTN 2016/2017 silakan cek di artikel dibawah ini:


3. JALUR MANDIRI UNHAS 2016/2017

Untuk jalur mandiri UNHAS 2017/2018 belum ada informasi lebih mendetail saat ini, biasanya untuk jalur mandiri akan di tentukan setelah jalur SBMPTN, di website resmi Universitas Hasanuddin sudah dijelaskan bahwa informasi pendaftaran lebih mendetail untuk jalur masuk mandiri akan diterbitkan menjelang pendaftaran online, jadi saran untuk teman-teman, silakan standby di website resminya,

Demikian informasi seputar Jalur Pendaftaran UNHAS 2017/2018 untuk calon maba, semoga bermanfaat, silakan share artikel ini.

3 komentar

Info ini sangat penting bagi adek-adek yang ingin mendapatkan sebuah universitas yang baik. Salah satu caranya dengan cara-cara tersebut

Wah udah ada nih jalur pendaftarannya, ane share ke adek-adek kelas deh

Komentar Anda di rwblog.id adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon