Selasa, April 12, 2016

Cara Install Ulang, Upgrade, Flashing BB 9320 Amstrong

Bagaimana cara Flashing atau install ulang OS blackberry 9320 Amstrong? Cara menginstall ulang blackberry 9320 dengan komputer itu sangat mudah, anda hanya perlu blackberry dekstop, bbsak dan frinware blackberry 9320 untuk menginstall ulang bb anda ataupun upgrade (Flashing) os blackbeerry 9320.

Menginstall ulang atau flashing OS Blackberry dilakukan untuk mengatasi BB yang erorr 505 dan sebagainya menandakan No OS pada BB anda.

Ide tentang artikel ini pertama kali muncul ketika salah satu teman saya berkunjung ke kos, "Sofwarekan ka dulu bb ku bro", Begitu bahasanya, bahasa indonesia di infeksikan dengan logak makassar. Seiring hari demi hari pelanggang (Teman Sendiri) muncul berderet seperti orang antri di indomart, hehe. akhirnya saya putuskan dari pada saya memberikan ikan setiap hari lebih baik saya berikan cara bagaimana menangkap ikan itu sendiri (Tujuan Filsafat).

Nah oleh karena itu di kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada sahabat bagaiamana cara sofware (istilah kebanyakan di lingkunganku) atau flashing serta upgrade Blackberry, tentu saja kita flashing sendiri tanpa biaya karena tidka perlu lagi di bawah ke tukang service.

Metode sofware ini sebenarnya sederhana, secara sistematis itu terdiri dari :

  1. Instalasi Sofware yang di butuhkan (Bahan-bahan Flashing)
  2. Tahap pencadangan data (jika perlu), 
  3. Proses wipe data (Penghapusan Sofware OS /Firnware), 
  4. Lalu proses memasukan / flashing Os ke dalam Blackberry 
  5. dan terakhir adalah proses pemulihan data dari hasil pencadangan tadi

Nah kira-kira begitu tahapannya, kenapa saya membagi seperti itu? supaya sahabat atau pembaca di blog Rahman Wangsyah menjadi mudah memahami apa yang saya sampaikan, Ok langsung saja ke tahap yang pertama yaitu bahan-bahan untuk sofware atau instalasi Blackberry

Bahan-Bahan Install/Flashing atau Sofware Blackberry

  1. Blackberry dekstop sofware (Klik untuk download)
  2. BBSAK (Klik untuk download)
  3. Frinware Blackberry 9320 (Klik untuk download)

    Link download frinware lainnya

    Blackberry 9860 Official Frimware  DOWNLOAD
    Blackberry 9810 Official Frimware  DOWNLOAD
    Blackberry 9800 Official Frimware  DOWNLOAD
    Blackberry 9100 Official Frimware  DOWNLOAD
    Blackberry 9360 Official Frimware  DOWNLOAD
    Blackberry 9300 Official Frimware  DOWNLOAD
    Blackberry 8900 Official Frimware  DOWNLOAD
    Blackberry 8520 Official Frimware  DOWNLOAD
    Blackberry 9900 Official Frimware  DOWNLOAD
    Blackberry 9700 Official Frimware  DOWNLOAD

Tutorial

  1. Pertama silakan install terlebih dahulu bahan-bahan di atas
  2. Setelah bahan-bahan di atas telah terinstall bukan blackberry Dekstop
  3. Kemudian sambungkan Blackberry anda dengan kabel USB ke PC atau Notebook, otomatis blackberry anda akan terdeteksi di komputer anda
    Note : Gunakan kabel USB Ori, saat menyambungkan BB ke Komputer anda, blackberry anda dalam keadaan menyala agar instalasi driver lebih mudah.
  4. Setelah Blackberry 9320 anda terbaca di Blackberry dekstop, disini anda dapat menyimpan data-data anda atau membackup blackberry anda sebelum di wipe.
  5. Setelah semua data-data anda telah di backup silakan tutup Blackberry Dekstop
  6. Kemudian buka BBSAK
  7. Masukan Pasword blackberry anda jika mempunyai password, jika tidak silakan kosongkan saja. kemudian tekan ENTER untuk melanjutkan.
  8. Jika berhasil terkoneksi ke BBSAK, pin anda akan terdeteksi di BBSAK
  9. Jika Pin anda telah terdeteksi dengan benar, silakan Klik Wipe Data, tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan Wipe Succes, setelah wipe data sukses otomatis blackberry anda akan reboot kemudian pada saat loading booting akan muncul erorr 505, 507 dan sebagainya, itu artinya blackberry anda tidak mempunyai OS karena telah di wipe dengan BBSAK
  10. Nah, proses wipe adalah proses untuk menghapus OS pada blackberry, setelah menghapus OS sekarang saatnya memasukan OS kedalam blackberry anda.
  11. Masuk ke C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader
  12. Hapus terlebih dahulu file vendor, biasanya terletak dibawah sekali didalam folder C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader
  13. Setelah terhapus silakan buka aplikasi App loader yang berada didalam folder tersebut.
  14. Klik next, jika blackberry anda terhubung dengan benar maka pin anda akan terbaca setelah klik next, tunggu prosesnya samapai masuk kedalam kota box untuk memilih-milih aplikasi dan fitur yang akan di install bersama os blackberry anda. Biasanya disini penulis hanya mencentang aplikasi yang dibutuhkan penulis seperti bahasa indonesia, BBM, Blackberry world dan sebagainya. Silakan sesuaikan sendiri.
  15. Setelah selesai memilih, silakan klik next, silakan tunggu sekitar beberapa menit hingga muncul kotak dialog bahwa flashing anda telah selesai, otomatis BB anda akan restar.

VIDEO TUTORIAL



NOTE: Biasanya proses startup pertama setelah selesai Flash/install ulang blackberry loading blackberrynya akan berhenti sejenak, silakan tunggu saja hingga blackberry anda selesai proses starpup.

Cara ini hampir berlaku disemua produk blackberry lainnya, seperti 8520 atau produk Blackberry curve yang lain. Jika ada pertanyaan silakan berkomentar di bawah. Terimakasih.

Komentar Anda di rwblog.id adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon