Senin, Mei 02, 2016

Cara Flahsing Oppo Neo R831 Bootloop Stuck di Logo dan Error Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti

Flashing frinware atau rom Oppo Neo R831 stuck di logo, Bootlop dan erorr sayangnya aplikasi telah berhenti. Flashing Oppo Neo r831 disini, penulis lakukan karena Oppo milik teman saya tersebut stuck di logo atau ketika dinyalakan Oppo r831 tersebut menyala hanya sampai dilogo, ketika di colokin ke usb Oppo tersebut menampil gambar baterai terisi, dan sebelum penulis melanjutkan ngeflash oppo Neo R831 tersebut, penulis terlebih dahulu mewipenya dengan cara masuk ke mode recovey, disini penulis berhasil masuk ke CWMnya dengan cara tekan tombol power bersamaan dengan arah bawah. Setelah itu penulis memilih bahasa inggris, kemudian penulis memilih opsi Wipe kemudian Wipe Data & Chace, setelah prose wipe data selesai, penulis langsung merebootnya.

Setelah proses Reboot selesai, alhasil Oppo tersebut berhasil melewati proses booting dan masuk ke tampilan welcome, namun yang jadi masalah ketika proses welcome oppo hampir selesai muncul error sayangnya aplikasi pengaturan telah berhenti, setelah muncul error tersebut, penulis di arahkan lagi ke pengaturan awal welcome oppo neo R831, sekali lagi penulis mencoba mengaturnya hingga sampai akhir tahap penyelesaian namun hasilnya tetap sama. Setelah itu penulis merestarnya kembali namun sayangnya Oppo Neo R831 tersebut kembali stuck di logo lagi.

Flashing frinware atau rom Oppo Neo R831 stuck di logo, Bootlop dan erorr sayangnya aplikasi telah berhenti. Flashing Oppo Neo r831 disini, penulis lakukan karena Oppo milik teman saya tersebut stuck di logo atau ketika dinyalakan Oppo r831 tersebut menyala hanya sampai dilogo, ketika di colokin ke usb Oppo tersebut menampil gambar baterai terisi, dan sebelum penulis melanjutkan ngeflash oppo Neo R831 tersebut, penulis terlebih dahulu mewipenya dengan cara masuk ke mode recovey, disini penulis berhasil masuk ke CWMnya dengan cara tekan tombol power bersamaan dengan arah bawah. Setelah itu penulis memilih bahasa inggris, kemudian penulis memilih opsi Wipe kemudian Wipe Data & Chace, setelah prose wipe data selesai, penulis langsung merebootnya.     Setelah proses Reboot selesai, alhasil Oppo tersebut berhasil melewati proses booting dan masuk ke tampilan welcome, namun yang jadi masalah ketika proses welcome oppo hampir selesai muncul error sayangnya aplikasi pengaturan telah berhenti, setelah muncul error tersebut, penulis di arahkan lagi ke pengaturan awal welcome oppo neo R831, sekali lagi penulis mencoba mengaturnya hingga sampai akhir tahap penyelesaian namun hasilnya tetap sama. Setelah itu penulis merestarnya kembali namun sayangnya Oppo Neo R831 tersebut kembali stuck di logo lagi.     Sampai pada kasus di atas, penulis berfikir mungkin ini tanda-tanda kerusakan EMMCnya. Sebagaimana yang banyak beredar di OLX, grup-grup dagang di facebook yang banyak menjual Oppo dengan kasus yang sama, dan katanya (KATANYA) Oppo yang mereka jual hanya `100 sampai 200 ribuan saja dikarekan EMMC yang rusak, jadi walaupun mereka sudah ngefalsh berulang kali hasilnya tetap sama karena pengaruh EMMCnya yang rusak, untuk lebih jelasnya tentang kerusakan EMMC di anroid silakan ke artikel berikut 

Sampai pada kasus di atas, penulis berfikir mungkin ini tanda-tanda kerusakan EMMCnya. Sebagaimana yang banyak beredar di OLX, grup-grup dagang di facebook yang banyak menjual Oppo dengan kasus yang sama, dan katanya (KATANYA) Oppo yang mereka jual hanya `100 sampai 200 ribuan saja dikarekan EMMC yang rusak, jadi walaupun mereka sudah ngefalsh berulang kali hasilnya tetap sama karena pengaruh EMMCnya yang rusak, untuk lebih jelasnya tentang kerusakan EMMC di anroid silakan ke artikel berikut

Pada saat itu, penulis hampir putus asa, namun tetap penulis melanjutkannya untuk ngeflash, sia-sia sudah download peralatan, frimware dan drivernya kalau tidak digunakan. (Boleh kehilangan UANG dan sebagainya tapi jangan sampai teman-teman kehilangan harapan).

Ok, jadi yang pertama yang perlu kita siapkan adalah Kabel data, Komputer (Laptop/netbook), dan tentunya Oppo R831 yang akan kita flash, untuk lebih lengkapnya berikut daftar persiapannya:

Persiapan Handware

  1.  PC (Komputer) disini penulis menggunakan laptop dengan OS Windows 7 32 Bit
  2. Kabel Data USB
  3. Oppo R831

Persiapan Sofware

  1. Frimware Rom Oppo R831, bisa didownload disini
  2. Driver MTK, bisa didownload disini
  3. Driver Auto Installer, download disini
  4. Dan Flashtool, anda bisa mendownload disini
Nah, sebelum melanjutkan ke proses flashing, usahakan smartphone oppo anda mempunyai daya (Baterai) yang cukup untuk proses nge flash, dari beberapa rekomendasi katanya minimal 50%, tapi disini intinya punya daya cukup untuk proses ngeflash, kira-kira 5 menit sampai 10 menit, selain itu usahakan jangan sampai koneksi HP anda terlepas dari komputer pada saat menjalankan proses flash.

Tutorial Flash Oppo Neo R831

  1. Yang pertama, penulis menginstall driver MTK
  2. Setelah driver MTK terinstall, penulis melanjutkannya untuk menginstall driver auto installer
  3. Setelah kedua driver tersebut terinstall, Ekstrack ROM atau frinware Oppo yang telah didownload tadi, terserah di folder mana yang penting anda ingat lokasinya.
  4. Kemudian, ekstrack juga Flashtool yang didownload di atas
  5. Setelah itu, masuk ke folder flashtool yang telah anda ekstrack tadi, buka aplikasi flashtoolnya, untuk windows 7 seperti yang penulis gunakan saat ini, klik kanan pada aplikasi Flashtool kemudian pilih Run Administrasi.
  6. Setelah aplikasi Flashtool terbuka, klik kiri pada Scatter Loading untuk memasukan rom kedalam flash tool.
  7. Cari folder ROM atau frimware yang telah anda ekstrack tadi, didalam folder frimware tersebut pilih “MT6572_Android_scatter_emmc” Kemudian tunggu beberapa saat file-file frinware akan diload masuk ke dalam flashtool anda atau lebih jelasnya lihat tutorial animasi dibawah ini

    Memperbaikki Oppo R831 Yang berhenti sampai di logo dengan flashtool

  8. Sampai disini, anda bisa tidak mencentang Preloader (Jika erorr maka centang preloader), anda juga bisa tidak mencentang chace dan user data, namun pada saat penulis ngeflash Oppo R8321 yang stuck dilogo tersebut penulis mencentang semua kecuali Chace, seperti gambar dibawah ini.

    Memperbaikki Oppo R831 Yang berhenti sampai di logo
  9. Setelah itu, silakan tekan tombol DOWNLOAD pada flashtool. Tunggu beberapa saat flashtool akan menyiapakan frinware yang akan diflash kedalam Oppo R831 anda. Atau perhatikan gambar dibawah ini, yang berwarna Ungu itu berarti Flashtool masih dalam proses menyiapkan frinware sebelum di flash

    Flash Oppo R831 dengan Flashtool via komputer
  10. Setelah Flashtool berhenti meload (Warna Ungu seperti gambar diatas) dengan menampilkan 0% pada flashtool dan juga terdapat tulisan searching di samping tulisan EMMC seperti gambar dibawah itu artinya flashtool sedang menunggu anda untuk menyambungkan Oppo Neo R831 anda ke komputer.

    oppo neo r831 menyala hanya sampai di logo
  11. Sekarang matikan Oppo anda terlebih dahulu, kemudian hubungkan Oppo anda dengan komputer sambil menenkan tombol arah Bawah (atau kalau tidak terdeteksi tekan arah atas).
  12. Komputer akan mendeteksi Oppo anda dan diflashtool akan menampilkan loading berwarna kuning yang menandakan bahwa proses flash telah berjalan. Tunggu hingga flashtool menampilkan kotak box baru dengan nama Download Ok bergambar lingkaran berwarna hijau, itu artinya Oppo anda berhasil di flash. Lihat gambar dibwah ini untuk proses detail flashing hingga selesai.

    Soffware Proses intal ulang oppo Neo R821 yang error menyala sampai logo
  13. Setelah selesai seperti di atas, silakan cabut oppo anda dari komputer dan nyalakan seperti biasa.

Dalam kasus penulis Oppo Neo R831 tersebut yang tadinya error menyala hanya sampai di logo atau stuck di logo menjadi normal kembali.

Semoga pengalaman penulis ini akan bermanfaat untuk anda dan teman-teman lainnya dihari kemudian yang mungkin mengalami kasus yang sama dengan penulis.

Komentar Anda di rwblog.id adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon