Rabu, Mei 04, 2016

Flashing Oppo Joy R1001 tanpa Laptop Flash via SDcard

Setelah penulis flashing Oppo R831 4 hari yang lalu, sekarang beda kasus lagi, walau masih sama dengan produk keluaran Oppo. Entah kenapa tapi dari pengalaman penulis Smartphone Oppo yang paling banyak mengalami hal ini, yaitu bootloop atau stuck di logo (Hp menyala tapi hanta sampai di tampilan logo Oppo). Kali ini kita akan flashing Oppo R1001.

Sebenarnya flashing Oppo R1001 dengan Oppo R831 tidak jauh berbeda, perbedaanya hanya frimware atau rom yang akan kita flashing kedalam Oppo tersebut. Hari ini saya mendapatkan dua Hp Oppo R1001 dan kasusnya sama yaitu Bootloop.

Dari pengalaman penulis sendiri, Bootloop hal yang wajar jika si pengguna smartphone tersebut adalah orang yang suka gonta ganti rom, main root-rootan, intinya tukang nguprek android (Istilah bahasanya dikalangan forum-forum android). Tapi akhir-akhir ini ternyata mau tukang nguprek atau pengguna normal sekalipun pasti mengalami hal ini, contohnya salah satu Hp oppo yang akan penulis flashing tadi adalah salah satu milik orang tua teman penulis. Dikepala penulis kalau hpnya bootloop lantas dia adalah seorang tukang nguprek mungkin penulis dengan mudah memperbaiki hp tersebut karena kemungkinan besar bootloop yang terjadi hanya karena salah flashing frimware dan sebagainya, akan tetapi akan berbeda jika pemilik hp tersebut adalah orang yang mungkin tidak tahu apa-apa tentang hal tersebut, jadi besar kemungkinan EMMCnya yang rusak (KATANYA).

Sebenarnya isu ataupun kabar yang banyak beredar yang mengatakan bahwa EMMCnya rusak yang mengakibatkan HP tersebut bootloop, penulis belum yakin sepenuhnya tentang hal itu. karena hampir beberapa Oppo dengan kasus yang sama yaitu bootloop selelau bisa penulis ekseskusi hingga akhirnya hidup kembali. Entah mungkin penulis yang beruntung atau mungkin kerusakan EMMC pada android itu hanya sebuah konspirasi (Haha). Untuk lebih jelasnya penulis disini mempertegas, tentu pasti ada Android diluar sana yang EMMCnya bermasalah namun mungkin pengalaman penulis dalam menangani HP belum seberapa hingga penulis belum menemui hal tersebut.

Awalnya kedua Oppo tersebut sempat membuat penulis kewalahan. Oppo yang pertama lancar jaya flashing via flashtool dengan laptop yang saat ini penulis gunakan untuk menulis artikel ini, namun tidak untuk Oppo yang satunya lagi. Oppo yang satunya lagi adalah Oppo milik bapak teman saya, dan tentu penulis saat itu berpikir mungkin inilah Oppo yang bootloop akibat EMMCnya rusak.

Penulis sempat berpikir demikian karena beberapa kali laptop penulis tidak dapat mendeteksi Oppo R1001, hingga ganti-ganti USB, ganti metode flashing hingga flash tanpa baterai sekalipun, penulis pada saat itu sangat kebingungan, Oppo yang pertama di flash lancar jaya namun yang kedua malah tidak terdeteksi oleh komputer, penulis pikir ini hanya pengaruh daya yang di antarkan oleh kabel data, hingga sampai kepada keputusan penulis untuk flashing via SDCARD.

Flash Oppo Joy R1001 yang tidak terdeteksi di flashtool, tidak terbaca di flashtool, tidak tersambung ke flashtool, cara flash Oppo tanpa komputer/laptop/pc, cara flash intal ulang oppo dengan kartu memori, cara sofware oopo r1001 dengan mudah tanpa pc

Yah, penulis disini berhasil flashing Oppo joy tersebut dengan metode Update atau install zip pada CWM Oppo R1001 dan akhirnya Oppo tersebut normal kembali. Sampai disini penulis bertanya kembali "Apa mungkin EMMCnya yah?" Entahlah tapi dari perbandingan penulis Oppo R1001 yang pertama penulis flash dan berhasil dengan Flashtool tersebut lebih baru daripada Oppo yang tidak terdeteksi tersebut.

Jadi, pengalaman penulis ini dapat anda jadikan sebagai solusi flashing Oppo R1001 yang tidak terdeteksi di komputer atau Oppo yang bermasalah konektor USBnya. Intinya bagi anda yang ingin flashing Oppo R1001 yang bootloop, error atau hanya sekedar ingin mengupdate frimwarenya tanpa PC atau komputer silakan gunakan cara dibawah ini

Cara Flashing Oppo Joy R1001 Tanpa PC dengan Menggunakan Kartu Memori

  1. Tentunya pertama download dulu Frimware Oppo Joy R1001 disini
  2. Setelah berhasil didownload silakan masukan kedalam Kartu memori Oppo R1001 anda
  3. Taruh Frimware yang telah didownload tersebut di luar Folder (Di root/ Di muka tanpa dimasukan ke folder tertentu)
  4. Usahakan Oppo anda mempunyai daya cukup untuk melakukan proses flash (Jika baterai anda masih normal, 20% saja sudah cukup)
  5. Matikan terlebih dahulu Oppo R1001 anda
  6. Tekan tombol power + Volume bawah
  7. Otomatis anda akan masuk kemode recovery
  8. Anda akan ditanya memilih bahasa apa, pilih bahasa inggris
  9. Silakan wipe data terlebih dahulu (pilih wipe kemudian wipe data and chace)
  10. Setelah proses wipe selesai silakan pilih install zip
  11. Pilih SD Card (kartu memory)
  12. Cari file frimware yang telah didownload tadi dan dimasukan kedalam memory tersebut
  13. Kemudia pillih file tersebut dan tunggu proses flashing (updating) selesai.
  14. setelah selesai silakan reboot oppo joy anda
Dan selamat, sampai disini pengalaman penulis berhasil memperbaiki kedua smartphone tersebut. Nah untuk anda yang tidak berhasil dengan cara install zip silakan flashing dengan flashtool yang tentunya via komputer dan jika sebaliknya maka gunakan cara diatas.

Nah itulah sedikit pengalaman penulis dalam mengatasi Oppo Joy R1001 yang bootloop atau stuck di logo yang tidak bisa diflash melalui laptop/pc karena tidak terdetek di komputer. semoga bermanfaat.

Komentar Anda di rwblog.id adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon