9 Sofware Untuk Memperkecil Ukuran Video (Converter)

9 Sofware Untuk Memperkecil Ukuran Video (Converter)

Bagaimana cara memperkecil ukuran video? mungkin ini adalah hal yang akan penulis jawab di kesempatan kali ini. Sebenarnya untuk memperkecil suatu ukuran video, baik resolusi atau yang kalian maksud disini adalah sizenya, kita dapat menggunakan beberapa sofwoare yang banyak beredar di insternet.

Disini penulis akan berbagi pengalaman pribadi penulis dalam dunia film. asyik, walaupun penulis bukan film maker tingkat dewa, yah setidaknya penulis punya pengalaman tentang hal ini, apalagi yang namanya mengecilkan size video atau ukuran video.

Dalam pengalaman penulis, sebenarnya penulis biasanya tidak menggunakan sofware converter, tapi langsung dengan sofware editor, karena disofware editor kita lebih bebas menentukan size video.

Namun disini penulis akan lebih general saja, atau membahasnya secara umun, jadi disini kita akan menggunakan beberapa sofware ytang berguna untuk memperkecil ukuran video. Berikut beberapa sofware untuk memperkecil ukuran video.


Video converter free the best

1. AVC (Any Video Converter)


Sofware yang satu ini, mungkin kalian sudah pernah mendengarnya. AVC atau Any Video Converter. Dalam pengalaman penulis menggunakan sofware AVC dalam pembuatan film, biasanya penulis menggunakan sofware ini pada tahap akhir, atau setelah mengedit sebuah video di beberapa sofware video editor.

Mengingat setelah kita mengedit sebuah video menjadi satu serangkai, ukurannya pasti sangat besar, Oleh karena itu penulis biasa menggunakan Any Video Converter untuk memperkecil ukuran video tersebut. Apalagi jika hasil video tersebut ingin penulis masukan ke perangkat mobile tertentu, any video converter video sangat membantu.

Contohnya video awal mempunyai ukuran size 800Mb, penulis ingin memasukannya ke smartphone android milik penulis, 800Mb untuk perangkat smartphone mungkin sangat besar. akhirnya penulis mengconver video tersebut dengan Any Video Converter, penulis menentukan hasil outputnya sesuai dengan smartphoen penulis, dan akhirnya, hasil dari proses tersebut sebesar 300 Mb. Gila kan, dan untuk kualitas saat penulis memutar video tersebut di perangkat android penulis, Kualitasnya tidak kalah dengan file video aslinya.

Sofware memperkecil ukuran video terbaik dan gratis

Selain itu AVC juga bisa kalian gunakan untuk mengkonver file video menjadi file musik, atau dari mp4 menjadi mp3 dan sebagainya, pilihan output format juga sangat banyak, bagi penulis output formatnya sudah sangat lengkap, baik dari perangkat Mobile jadul sampai yang paling tren saat ini seperti Iphone, Android dan sebagainya. Format file yang didukung oleh AVC juga sangat lengkap. lebih detailnya berikut penulis paparkan.

Supported video inputs: MP4, MPEG, VOB, WMV, 3GP, 3G2, MKV, MOD, M2TS, RMVB, AVI, MOV, FLV, F4V, DVR-MS, TOD, DV, MXF, OGG, WEBM, any 4K video format dan masih banyak lagi.

Supported video outputs: WMV, MPG, MP4, AVI, ASF, M2TS, 3GP, 3G2, FLV, MKV, SWF, WEBM, HTML5 WEBM, HTML5 OGG, HTML5 MP4 dan masih banyak lagi.

Supported output device: iPad Pro, iPad Air, iPad Mini, iPhone 7/7 Plus, Apple TV, Google Android, Kindle Fire HD, Sony PSP, Xbox 360, Samsung, HTC, LG, Huawei dan masih banyak lagi.

Supported audio inputs & outputs: MP3, AC3, OGG, AAC, WMA, M4A, WAV, APE, MKA, AU, M4B, AIFF, FLAC, DTS dan masih banya lagi.

Tidak sampai dalam hal converter, kelebihan lainnya yang tak kalah penting adalah sofware ini GRATIS, kalian bisa mengedit video sebelum diconverter seperti memotong, mengatur warna dan sebagainya, intinya satu artikel tidak cukup untuk menjelaskan secara detail kelebihan dari sofware Any Video Converter. Untuk lebih detail kelebihan dan spesifikasi AVC kalian bisa cek disini AVC Any Video Converter





2. MOVAVI Video Converter


Movavi Video Converter, Jujur penulis sih baru berkenalan dengan sofware ini beberapa minggu lalu dibandingkan dengan sofware-sofware lainnya, namun dilihat dari performancenya, penulis akan merasa bersalah jika tidak memasukan sofware ini pada kategori terbaik.

Salah satu kelebihan yang paling mencolok dari sofware Movavi Video Converter adalah kecepatan converter videonya yang begitu cepat dibandingkan dengan sofware video converter populer lainnya, kalian bisa lihat grafik perbandingan dibawah ini


Selain kelebihan diatas, sudah tentu kelebihan lainnya Movavi video Converter mendukung banyak Format input ataupun output serta device output yang banyak pula.

Penggunaannyapun sangat simpel dan sederhana, kalian hanya perlu memilih media yang akan dikonverter (Media disini tidak hanya video, foto bahkan file musik dan lainnya bisa dikonverter di Movavi video converter). setelah dipilih kalian tentukan format seperti apa yang kalian inginkan, setelah itu kalian bisa edit terlebih dahulu, mempercantik dan sebagainya jika kalian mau, terakhir kalian tinggal klik Convert. Prosesnya akan sangat cepat.

Untuk masalah tampilan, berikut adalah tampilan dari Movavi video converter


Kalian lihat tampilan diatas, begitu sangat sederhana namun tetap modern, dengan begitu kalian bisa dengan cepat memahami sofware ini.

Kelebihan lain dari Movavi Video Converter adalah mengextrack audio dari video, mengatur suara pada video, sace frame tertentu pada video dan masih banyak lagi.




3. Format Factory


Format factory biasa penulis gunakan ketika ingin menyatukan file video yang berasal dari kamera canon dslr, mengingat size yang dihasilkan oleh kamera tersebut sangat besar walaupun durasi videonya hanya sekitar 1 menit, biasanya sizenya mencapai 100 MB bahkan diatas 500 MB, buat kalian yang mempunyai hardisk sebesar 1 TB, mungkin hal ini tidak jadi masalah.

Kelebihan format factory bagi penulis pribadi adalah proses converting videonya sangat cepat dan bisa digunakan mengkonver 2 video dalam waktu yang sama. Hal ini sangat membantu jika kalian ingin mengecilkan beberapa atau banyak video dalam waktu sekaligus. 

Tidak hanya video yang dapat kalian perkecil, bahkan file musik dan gambar dapat kalian kompres dengan sofware format factory, jadi Format Factory mungkin sudah kompleks untuk kalian yang suka memperkecil ukuran file media pada komputer. Bahkan kalian bisa mengatur outputnya khusus untuk perangkat mobile tertentu.

Sofware inipun sangat ringan, dalam kasus diatas penulis hanya menggunakan notebook standart, intinya sofware ini ringan buat kalian pengguna pc spec rendah. Dibawah ini adalah cuplikasi dari sofware Format Factory.



Cara mengecilkan ukuran video dengan Format Factory


Cara menggunakan format factory untuk memperkecil size atau ukuran videopun sangat mudah, tentunya kalian harus menginstal aplikasi format factory terlebih dahulu, kemudian kalian hanya perlu menentukan video yang akan kalian perkecil, kemudian tandai semua lalu geser kedalam Sofware Format Factory. Setelah itu kalian bisa menentukan format outputnya, 

Untuk format Output penulis sarankan menggunakan Mp4, selain outputnya yang kecil kualitas video kalian akan tetap terjaga, Setelah itu, kalian tinggal klik start pada bagian menu atas, maka proses converting video akan berjalan. Setelah selesai, biasanya folder penyimpanan hasil video yang sudah diperkecil akan terbuka secara otomatis, jika tidak kalian bisa klik kiri pada Output Folder di menu atas Format Factory,

Sofware aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk memperkecil ukuran size sebuah video selain diatas masih banyak lagi. Kalian bisa cek dibawah ini.

4. Total Video Converter


Total Video Converter, merupkan sofware untuk memperkecil size video yang tidak kalah populer dengan Any Video Converter, 

Sofware ini juga mendukung banyak format, baik input maupun output. Bahkan sudah terintegrasi dengan windows explore, dalam hal ini kalian akan lebih mudah lagi menggunakan Total Video Converter. untuk info lebih lengkap kalian bisa kunjungi website resminya di http://www.effectmatrix.com/total-video-converter/

5. Freemake Video Converter


Salah satu kelebihan video converter ini adalah tampilannya yang sangat sederhana, mudah dipahami dan deigunakan. Penulis biasa menggunakan sofware ini jika ingin menggabungkan Subtitle dengan film secara permanent.

Yah itu adalah kelebihan yang sangat berguna bagi penulis, Kelebihan lainnya hampir sama dengan video converter diatas, mendukung banyak format dan sebagainya, lebih lengkap kalian bisa mengunjungi halaman berikut http://www.freemake.com/free_video_converter/

6. Prism Video Converter 


Prism video converter adalah sofware milik NCH, kalau NCH sudah seperti mendarah daging untuk penulis, karena salah satu sofwarenya, penulis biasa menggunakannya yaitu Videopad. Pasti beberapa dari kalian sudah mengenal NCH.

Untuk informasi lebih lengkap tentang Video converter milik NCH ini kalian bisa kunjungi halaman resmi websitenya di http://www.nchsoftware.com/prism/index.html

Untuk tambahan Video converter yang setidaknya penulis tidak perlu menjelaskannya lagi adalah seperti video converter terkenal lainnya yaitu :

7. Avs Video Converter


Informasi lebih lanjut, silakan kunjungi halaman resminya http://www.avs4you.com/AVS-Video-Converter.aspx

8. Wondershare Video Converter


Untuk lebih jelasnya kalian bisa cek info selengkapnya tentang video converter dari Wondershare di https://videoconverter.wondershare.com/

9. Xillisof Video Converter


Wah, sepertinya yang terakhir penulis sudah tidak perlu menjelaskannya lagi, sudah jelas ini adalah video converter yang sudah cukup lama dan populer, kalian bisa cek disini http://www.xilisoft.com/video-converter.html


This Is The Newest Post

Komentar Anda di rwblog.id adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon