Cara Cek Kondisi IC eMMC via FlashTool tanpa Root

Alternatif jika kamu mencari cara mengecek atau tes ic eMMC tanpa harus root hp kamu, maka cara dibawah ini adalah yang paling tepat. Yang kita perlukan hanya seperangkat computer dan kabel data.

Cara Cek keadaan IC EMMC pada Smartphoen Stuck di Logo atau Brick (Mati total) - Penyakit Hp diatifkan kemudian stuck di logo (Bootlop) atau mati total (Brick) banyak menyerang para smartphone android keluaran terbaru.

Masalah ini ada kemungkinan berawal dari banyaknya brand smartphone mengeluarkan produk-produk terjangkau, walaupun tidak semua barang yang murah itu tidak berkualitas, nyatanya dilapangan lebih banyak kasus Bootlop atau brick pada smartphone yang hargaranya terjangkau.

cara cek kondisi ic emmc tes tanpa root dengan sp flash tool

Brick atau mati total dan Bootlop atau stuck di logo, jika hal itu terjadi pada orang-orang yang suka nguprek (Mod ROM dan sebagainya), itu soal biasa dan hal itu memang wajar. Tetapi jika hal itu terjadi pada seseorang yang hanya menggunakan smartphoennya untuk chat, game dan kebutuhan standar lainnya… hal itu baru diluar biasanya.

Kenyatannya juga semakin banyak beredar smartphone yang bootlop ataupun brick dikarenakan kerusakan EMMCnya. Hal ini jadi masalah, buat kita yang suka atau akan membeli HP dengan harga murah dalam keadaan Bootlop atau brick, berharap tinggal di flashing (bahasa awamnya di Sofware) HHnya langsung bangkit dan normal.

Seperti yang penulis pernah post dilink berikut Ciri-ciri kerusakan IC Emmc, Lalu bagaimana jika kita ingin mengecek smartphone dalam keadaan brick atau bootlop? atau kamu ingi tes ic EMMC tanpa harus root seperti yang pernah penulis bagikan disini cek kondisi ic eMMC Hp dengan aplikasi

Nah, kali ini penulis akan berbagi sedikit pengalaman tentang bagaimana cara mengetahui suatu hp yang mati total atau yang hanya aktif sampai logo dengan menggunakan SP FLASH TOOL di computer. Sebenarnya cara ini sama dengan cara flashing samrtphone Mediatek menggunakan SP Flash Tool

Persiapan sebelum tes ic eMMC


  • Komputer.
  • Kabel Data.
  • Soware yang dibutuhkan. (Sp Flashtoll, Driver dan Frimware)
  • Smartphone

NB : Frimware sesuaikan dengan HH kamu.

Langkah-langkah cek ic eMMC


  1. Instal semua software yang didownload kecuali Frimwarenya tinggal di ekstrak
  2. Buka SP FLASH Tool
  3. Load Scutter pada Flash tool dan arahkan ke folder firmware yang telah di install tadi, kemudian pilih File Scutter.txt-nya.
  4. Setelah itu, pindahkan tab Download ke tab Memory Test
    mengetahui kondisi ic emmc hp bootlop
  5. Didalam Memory test kalian bisa mencentang semuanya seperti gambar diatas
  6. Klik Start
  7. Matikan Smartphone kalian dan hubungkan dengan computer
  8. Jika drivernya terpasang dengan baik dan kabel datanya normal otomatis proses testing akan berjalan
  9. Jika selesai penampakannya seperti ini:
    hasil tes kondisi ic emmc
    Penampakan SP Flash Tool versi terbaru

    cek kondisi ic emmc
    Penampakan SP Flash Tool versi lama
  10. Gambar diatas menandakan bahwa NAND dan EMMC testnya gagal.

EMMC bagus : PATTERN TEST terisi semua
EMMC Rusak : Hasil test PATTERN TEST tidak semua terisi bahkan pada saat menemukan Blok yang rusak Flash tool menampilkan Informasi / LOG FAILED
Nah, gambar diatas sudah cukup jelas mengenai hal ini, sampai disitu kita sudah dapat memastikan bahwa IC EMMCnya memang sudah layak untuk diganti. Berikut kumpulan harga ic eMMC

Catatan : cara ini lebih tepat untuk perangkat MEDIATEK. Brick itu ada dua, HARD Brick dan SOFT Brick dimana perbedaannya terletak pada Hardwarenya atau hanya kerusakan pada Sofwarenya.
This Is The Newest Post

2 komentar

ternyata tukang softwareki juga di 😅😅😅😅

kalau sudah seperti gambar di atas fix ganti eMMC gan?,
atau ada solusi lain?

Komentar Anda di rwblog.id adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon